Kamis, 05 Juli 2012 | By M. Taufiq, M.Pd.
POKOK-POKOK MATERI
I. KURIKULUM DAN TUJUAN PENDIDIKAN
A. Kurikulum Sebagai Sarana Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan
B. Komponen dan Sistematika Kurikulum
C. Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum
II. PERUBAHAN KURIKULUM
A. Dinamika Pengembangan Kurikulum
B. Perlunya Perubahan Paradigma
C. Trend Baru Strategi Pembelajaran
D. Karakteristik Pembelajaran MIPA
E. 5. Matra Pembelajaran & Implikasinya Dalam PBM
F. Prosedur Perubahan Kurikulum dan Beberapa Kesulitan
G. Arah Perkembangan Pembaharuan Kurikulum
III. KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
A. Mengapa KBK
B. Pengertian KBK
C. 4 Komponen KBK
D. Pola Pengembangan KBK
E. Kurikulum Berbasis Sekolah
F. Ciri-ciri KBK
G. Hal-hal Baru dalam KBK
H. Implikasi KBK Terhadap Pembelajaran Di Kelas
IV. BEBERAPA PENGERTIAN DAN ISTILAH DALAM KBK
A. Kompetensi Dasar
B. Hasil Belajar
C. Indikator Hasil Belajar
D. Scope dan Sequence Bahan Pembelajaran
E. Silabus
V. SEKILAS TENTANG KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
A. Kerangka Dasar KTSP
B. Prinsip Pengembangan KTSP
C. Struktur KTSP
D. Perubahan Mendasar yang Terjadi
VI. PENGEMBANGAN SILABUS
A. Rasional
B. pengertian Silabus
C. Tujuan Pengambangan Silabus
D. Komponen-komponen Silabus
E. Format Silabus
VII. PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI
A. Rasional
B. Prasyarat Pembelajaran
C. Pengembangan Manajemen Interaksi Belajar Mengajar
PENGEMBANGAN SILABUS
KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
RASIONAL
Kewenangan pemerintah pusat meliputi :
· Penetapan standar kompetensi siswa dan warga belajar
· Pengaturan kurikulum nasional
· Penilaian hasil belajar secara nasional
· Penyusunan pedoman pelaksanaan
· Penetapan standar materi pelajaran pokok
· Penetapan kalender pendidikan dan jumlah jam belajar efektif setiap tahun
PENGERTIAN SILABUS
Merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar . Silabus berisikan komponen pokok untuk dapat menjawab permasalahan berikut :
Kompetensi apa yang akan dikembangkan pada siswa ?
Bagaimana cara mengembangkannya ?
Bagaimana cara mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dicapai siswa ?
TUJUAN
Untuk membantu para guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam menjabarkan kompetensi dasar menjadi perencanaan belajar mengajar.
SASARAN
Guru
Kelompok guru mata pelajaran di sekolah
Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
Dinas Pendidikan
KOMPONEN SILABUS
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Langkah Pembelajaran
Alokasi waktu
Sarana dan Prasarana
Penilaian
0 komentar:
Posting Komentar